A.
Pengertian
Organisasi
komputer mempelajari
bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara
komponen sistem komputer,contoh : sinyal kontrol, prosesor, interface komputer
dan peripheral, teknologi memori yang digunakan.
Arsitektur
komputer mempelajari
atribut-atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer dan
memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program, contoh : set
instruksi, jumlah bit yang digunakan untuk merepresentasikan bermacam-macam
jenis data (misal bilangan, karakter), aritmetika yang digunakan, teknik
pengalamatan, mekanisme I/O.
Arsitektur komputer dapat bertahan
bertahun-tahun tapi organisasi komputer dapat berubah sesuai dengan
perkembangan teknologi.
Pabrik komputer
memproduksi sekelompok model komputer, yang memiliki arsitektur sama tapi
berbeda dari segi organisasinya yang mengakibatkan harga dan karakteristik
unjuk kerja yang berbeda.
B. Komputer
Sebagai Mesin Multi Level
Level adalah suatu tingkatan bahasa
dan mesin virtual yang mencerminkan tingkat kemudahan komunikasi antara manusia
sebagai pemrogram dengan komponen sirkuit elektronik dalam sebuah komputer
sebagai pelaksana instruksi sebuah pemrograman.
Level device, yaitu level dalam
lingkup rekayasa elektronik. Program yang ada pada level ini adalah bahasa
mesin L0 yang dapat dijalankan langsung oleh sirkuit elektronik
Merupakan mesin virtual M1 dengan
bahasa mesin L1. Bahasa ini tidak dapat langsung diterima oleh sirkuit
elektronik, tetapi diterjemahkan dulu oleh interpreter ke bahasa mesin L0.
Merupakan mesin virtual M2 dengan
bahasa mesin L2. Bahasa ini tidak dapat langsung diterima oleh sirkuit
elektronik, tetapi diterjemahkan dulu oleh interpreter ke bahasa mesin L1.
Merupakan mesin virtual Mn dengan
bahasa mesin Ln. Bahasa ini tidak dapat langsung diterima oleh sirkuit
elektronik, tetapi diterjemahkan dulu oleh interpreter ke bahasa mesin pada
tingkatan dibawahnya.
Bahasa atau level yang terletak paling bawah adalah yang
paling sederhana dan dapat diproses dengan cepat oleh mesin komputer, tetapi
sulit untuk dipahami oleh manusia.
Bahasa atau
level yang paling atas adalah yang paling rumit dan mesin akan lebih lama
melakukan proses instruksinya karena memerlukan interpreter, tetapi manusia
lebih mudah memahami bahasa level tersebut.
Level 5 ini
programmer yang memberikan instruksi pada komputer tidak perlu susah-susah
belajar mesin karena bahasa yang dipakai adalah bahasa tingkat tinggi yang
lebih mudah dipahami manusia
Pada level 0
sampai 3 implementasinya dikerjakan oleh programmer sistem, mulai level 4
dilakukan oleh programmer aplikasi.
Level 3
merupakan level pengaturan mesin yang dilakukan oleh sebuah software sistem
operasi. Dalam level ini pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh mesin
diinterpretasikan secara parsial oleh sistem operasi.
Level 2 = level
ISA (Instruction Set Architecture) yang berisi instruksi-instruksi dasar sebuah
mesin. Biasanya terdapat pada manual book dari produk komputer suatu pabrik
Level 1 terdapat
rangkaian dasar sebuah prosesor yang disebut ALU (Arithmetic Logic Unit) dan
sekumpulan register yang mampu melakukan operasi-operasi logika aritmatika.
Terdapat juga program mikro sebagai pengendali dan berfungsi sebagai
interpreter/penerjemah untuk instruksi-instruksi dari level di atasnya.
Level 0 berisi
logika-logika yang diwujudkan dalam bentuk logika gerbang, merupakan hardware
sesungguhnya dari sebuah mesin. Logika digital dibentuk dalam suatu komponen
analog seperti misalnya transistor ,dsb
Pada level 1 – 3
merupakan bahasa mesin bersifat numerik. Program-program didalamnya terdiri
dari deretan angka yang panjang, yang tidak menjadi masalah untuk mesin tapi
merupakan persoalan untuk manusia. Mulai pada level 4 bahasa berisi
kata/singkatan yang mempunyai arti bagi manusia.
Komputer
dirancang sebagai suatu rangkaian level, dimana setiap level dibangun diatas
level sebelumnya. Setiap level memiliki abstraksi berbeda, dengan objek-objek
dan operasi yang juga berbeda.
Sejak dahulu, proses pengolahan data telah dilakukan oleh
manusia. Manusia juga menemukan alat-alat mekanik dan elektronik untuk membantu
manusia dalam penghitungan dan pengolahan data supaya bisa mendapatkan hasil lebih
cepat.Komputer yang kita temui saat ini adalah suatu evolusi panjang dari
penemuan-penemuan manusia sejak dahulu kala berupa alat mekanik maupun
elektronik.
Saat ini komputer dan
piranti pendukungnya telah masuk dalam setiap aspek kehidupan dan
pekerjaan.Komputer yang ada sekarang memiliki kemampuan yang lebih dari sekedar
perhitungan matematik biasa. Diantaranya adalah sistem komputer di sentral
telepon yang menangani jutaan panggilan dan komunikasi, jaringan komputer dan
internet yang menghubungkan berbagai tempat di dunia.
Sejarah
Komputer menurut generasinya adalah
- Alat Hitung Tradisional dan
Kalkulator Mekanik
- Komputer Generasi Pertama
- Komputer Generasi Kedua
- Komputer Generasi Ketiga
- Komputer Generasi Keempat
- Komputer Generasi Kelima
- Komputer Generasi Pertama
- Komputer Generasi Kedua
- Komputer Generasi Ketiga
- Komputer Generasi Keempat
- Komputer Generasi Kelima
A. Alat
Hitung Tradisional
Pada masa
berikutnya,beberapa insinyur membuat penemuan baru lainnya.Vannevar Bush
(1890-1974) membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan
differensial di tahun 1931.Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan
differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan
akademisi.Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros
yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Pada tahun 1903, John V. Atanasoff
dan Clifford Berry mencoba membuat komputer elektrik yang menerapkan aljabar
Boolean pada sirkuit elektrik.
B. Komputer
Generasi Pertama
Komputer
Generasi pertama
dikarakteristik dengan fakta bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik
untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode-biner yang
berbeda yang disebut "bahasa mesin" (machine language).Hal ini
menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri
lain komputer generasi pertama adalah penggunaan tube vakum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran
sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data.
C. Komputer
Generasi Kedua
Pada tahun 1948,penemuan
transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan
tube vakum di televisi, radio,dan komputer.Akibatnya,ukuran mesin-mesin
elektrik berkurang drastis.Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai
pada tahun 1956. Beberapa bahasa pemrograman mulai bermunculan pada saat itu.
Bahasa pemrograman Common Business-Oriented Language (COBOL) dan Formula
Translator (FORTRAN) mulai umum digunakan.
D.
Komputer Generasi Ketiga
Walaupun transistor dalam banyak hal
mengungguli tube vakum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar.
Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument,mengembangkan sirkuit
terintegrasi (IC: integrated circuit) di tahun 1958. IC mengkombinasikan
tiga komponen elektronik dalam sebuah piringan silikon kecil yang terbuat dari
pasir kuarsa.Para ilmuwan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak
komponen-komponen ke dalam suatu chip tunggal yang disebut
semikonduktor.Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen
dapat dipadatkan dalam chip.
E. Komputer
Generasi Keempat
Setelah IC,tujuan pengembangan
menjadi lebih jelas yaitu mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen- komponen
elektrik.Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam
sebuah chip. Perkembangan yang demikian memungkinkan orang-orang biasa untuk
menggunakan komputer biasa.Komputer tidak lagi menjadi dominasi
perusahaan-perusahaan besar atau lembaga pemerintah.
Pada masa sekarang, kita
mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM
PC/486,Pentium,Pentium II,Pentium III,Pentium IV (Serial dari CPU buatan
Intel). Juga kita kenal AMD k6,Athlon, dsb.Ini semua masuk dalam golongan
komputer generasi keempat. Seiring dengan menjamurnya penggunaan komputer di
tempat kerja,cara-cara baru untuk menggali potensi terus dikembangkan.Seiring
dengan bertambah kuatnya suatu komputer kecil, komputer-komputer tersebut dapat
dihubungkan secara bersamaan dalam suatu jaringan untuk saling berbagi memori,
piranti lunak,informasi, dan juga untuk dapat saling berkomunikasi satu dengan
yang lainnya.
F. Komputer Generasi Kelima
Mendefinisikan komputer
generasi kelima menjadi cukup sulit karena tahap ini masih sangat muda.Contoh
imajinatif komputer generasi kelima adalah komputer fiksi HAL9000 dari novel
karya Arthur C. Clarke berjudul 2001:Space Odyssey.HAL menampilkan seluruh
fungsi yang diinginkan dari sebuah komputer generasi kelima. Dengan kecerdasan
buatan (artificial intelligence),HAL dapat cukup memiliki nalar untuk melakukan
percapakan dengan manusia, menggunakan masukan visual, dan belajar dari
pengalamannya sendiri.
Dengan Teknologi Komputer yang ada saat ini,agak sulit untuk dapat membayangkan bagaimana komputer masa depan.Dengan teknologi yang ada saat ini saja kita seakan sudah dapat “menggenggam dunia”.Dari sisi teknologi beberapa ilmuwan komputer meyakini suatu saat tercipta apa yang disebut dengan biochip yang dibuat dari bahan protein sitetis.Robot yang dibuat dengan bahan ini kelak akan menjadi manusia tiruan.
Secara prinsip ciri-ciri
komputer masa mendatang adalah lebih canggih dan lebih murah dan memiliki
kemampuan diantaranya melihat,mendengar,berbicara,dan berpikir serta mampu
membuat kesimpulan seperti manusia.Ini berarti komputer memiliki kecerdasan
buatan yang mendekati kemampuan dan prilaku manusia.
3. BAGAIMANA
KOMPUTER BEKERJA?
Harddisk menyimpan data dan program
yang bersifat permanen.
RAM mengcopy data/program
dari harddisk untuk diproses oleh CPUDari RAM, data atau program yang akan
diolah oleh CPU tidak semua langsung diproses CPU tetapi dicopy ke cache memori
untuk mengatasi kesenjangan kecepatan CPU-memori
CPU melakukan komunikasi
dengan modul I/O untuk menerima input atau menampilkan output dari proses yang
dihasilkan. Output akan ditampilkan di komponen-komponen output.
4. SISTEM
KOMPUTER
Komputer
sebagai suatu sistem terdiri dari subsistem-subsistem yang saling berhubungan
sehingga dapat memiliki satu tujuan dalam melaksanakan tugas yang diberikan.
Subsistem tersebut :
Hardware
(perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari
komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari ;
·
Input/Output
Device (I/O Device) Terdiri dari perangkat masukan dan
keluaran, seperti keyboard dan printer.
·
Storage
Device (perangkat penyimpanan) Merupakan media untuk menyimpan data
seperti disket, harddisk, CD-I, flash disk dll.
·
Monitor
/Screen Monitor merupakan sarana untuk menampilkan
apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh prosesor.
Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
·
Casing
Unit adalah tempat dari semua peralatan
komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing
Unit (CPU).Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
·
Central
Procesing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer
yang paling penting, karena jenis prosesor menentukan pula jenis komputer. Baik
tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama
oleh jenis prosesornya.Semakin canggih prosesor komputer, maka kemampuannya
akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
Software
(perangkat lunak), merupakan program-program komputer
yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki.
Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.
Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu ;
·
Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Linux, Novell, OS/2, Windows, Adalah
software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang
pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat
difungsikan sama sekali.
·
Program
Aplikasi, seperti GL,
MYOB, Payroll dll. Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan
tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya
digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang
lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer
sesuai dengan permintaan / kebutuhan seseorang / lembaga/ perusahaan guna
keperluan interennya.
·
Program Paket, seperti Microsofr office, Adobe fotoshop, macromedia
studio, open office dll Adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga
dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti
MS-office, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau
bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
·
Bahasa
Pemrograman, PHP, ASP,
dBase, Visual Basic, dll.Merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat
program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll.
Brainware (User)
User adalah
personel-personel yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer,seperti
Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup
besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal
dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP
Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.
A.
KOMPONEN
CPU
Register
Alat penyimpanan kecil
yang mempunyai kecepatan akses cukup tinggi yang digunakan untuk menyimpan data
dan instruksi yang sedang diproses sementara data dan instruksi lainnya
menunggu giliran untuk diproses masih disimpan di dalam memori utama.
Secara analogi, register
diibaratkan sebagai ingatan di otak bila melakukan pengolahan data secara
manual, otak diibaratkan CPU yang berisi ingatan-ingatan, satuan kendali yang
mengatur seluruh kegiatan tubuh dan mempunyai tempat untuk melakukan
perhitungan & perbandingan logika.
Program
berisi kumpulan instruksi-instruksi dan data diletakkan di memori utama yang
diibaratkan sebagai meja. Kita mengerjakan program tersebut dengan memproses
satu per satu instruksi-instruksi yang ada di dalamnya, dimulai dari instruksi
yang pertama dan berurutan hingga yang terakhir. Instruksi dibaca dan diingat
(instruksi yang sedang diproses disimpan di register).
Misal : instruksi
HITUNG C = A+B, maka kita membutuhkan data untuk nilai A dan B di meja
(tersimpan di memori utama). Data dan instruksi ini dibaca dan masuk ingatan
(data & instruksi yang sedang diproses disimpan di register), misal A
bernilai 3 dan B bernilai 2. Berarti saat ini di ingatan otak tersimpan suatu
instruksi,nilai A,nilai B sehingga nilai C dapat dihitung yaitu sebesar 5
(proses perhitungan di ALU). Hasil perhitungan ini ditulis kembali ke meja (hasil
disimpan di memori utama). Setelah semua selesai, kemungkinan
data,program,hasil disimpan secara permanen untuk keperluan di lain hari
sehingga disimpan di lemari kabinet (penyimpanan sekunder).
Register dalam
CPU diantaranya :
Register untuk
alamat dan buffer :
- MAR (Memory Address Register)
Untuk mencatat alamat memori yang
akan diakses (baik yang akan ditulisi maupun dibaca)
- MBR (Memory Buffer Register)
Untuk menampung data yang akan
ditulis ke memori yang alamatnya ditunjuk MAR atau untuk menampung data dari
memori (yang alamatnya ditunjuk oleh MAR) yang akan dibaca.
- I/O AR (I/O Address Register)
Untuk mencatat alamat port I/O yang
akan diakses(baik akan ditulisi / dibaca).
- I/O BR (I/O Buffer Register)
Untuk menampung data yang akan
dituliskan ke port yang alamatnya ditunjuk I/O AR atau untuk menampung data
dari port (yang alamatnya ditunjuk oleh I/O AR) yang akan dibaca.
Register
untuk eksekusi instruksi
- PC (Program Counter)
Mencatat alamat memori dimana
instruksi di dalamnya akan dieksekusi
- IR (Instruction Register)
Menampung instruksi yang akan
dilaksanakan
- AC (Accumulator)
Menyimpan
data sementara baik data yang sedang diproses atau hasil proses.
Control
Unit
Bertugas
mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada di sistem komputer, yaitu :
- mengatur dan mengendalikan alat-alat input
dan output
- mengambil instruksi-instruksi dari memori
utama
- mengambil data dari memori utama untuk
diproses
- mengirim instruksi ke ALU bila ada
perhitungan aritmatika atau perbandingan logika serta mengawasi kerja dari ALU
- mengirim hasil proses ke memori utama untuk
disimpan dan pada saatnya disajikan ke alat output.
ALU
Tugas
utama adalah melakukan semua perhitungan aritmatika dan melakukan keputusan
dari suatu operasi logika.
I/O
Interconection
Input-Output
(/O) Interconection merupakan sistem koneksi yang menghubungkan antar komponen
internel dalam sebuah CPU, yaitu ALU, unit kontrol, dan register serta
menghubugkan CPU dengan bus-bus eksternal diluar CPU.
B.
SIKLUS
INSTRUKSI
Program
yang ada di memori komputer terdiri dari sederetan instruksi. Setiap instruksi
dieksekusi melalui suatu siklus. Setiap siklus instruksi terdiri dari
tahap-tahap :
1.
Instruction fetch, yaitu mengambil instruksi dari memori dan mentransfernya ke
unit kontrol.
2.
Mengartikan (decode) instruksi dan menentukan apa yang harus dikerjakan serta
data apa yang digunakan.
3. Baca
alamat efektif, jika instruksi beralamat indirect.
4. Proses eksekusi instruksi dengan memilih operasi yang diperlukan dan
mengendalikan perpindahan data yang terjadi.
5.
Terdapat register dalam CPU yang berfungsi mengawasi dan menghitung instruksi
selanjutnya yaitu Program Counter
6. PC
akan menambah satu hitungan setiap kali CPU membaca instruksi
7.
Instruksi-instruksi yang dibaca akan dibuat dalam register instruksi (IR)
C.
INTERUPSI
Fungsi interupsi adalah
mekanisme penghentian atau pengalihan pengolahan instruksi dalam CPU kepada
routine interupsi. Hampir semua modul (memori dan I/O) memiliki mekanisme
yang dapat menginterupsi kerja CPU.
Tujuan
interupsi secara umum untuk manajemen pengeksekusian routine instruksi agar
efektif dan efisien antar CPU dan modul-modul I/O maupun memori.
Setiap
komponen komputer dapat menjalankan tugasnya secara bersamaan, tetapi kendali
terletak pada CPU dan kecepatan eksekusi masing-masing modul berbeda sehingga
dengan adanya fungsi interupsi dapat sebagai sinkronisasi kerja antar modul.
Dalam
CPU terdapat sinyal-sinyal interupsi sebagai berikut :
-
Program
Interupsi yang
dibangkitkan dengan beberapa kondisi yang terjadi pada hasil eksekusi program,
contoh : aritmatika overflow, pembagian nol, operasi
- Timer
Interupsi yang
dibangkitkan pewaktuan dalam prosesor. Sinyal ini memungkinkan sistem operasi
menjalankan fungsi tertentu secara reguler
- I/O
Sinyal interupsi
yang dibangkitkan oleh modul I/O sehubungan pemberitahuan kondisi error dan
penyelesaian suatu operasi.
- Hardware
failure
Interupsi yang
dibangkitkan oleh kegagalan daya atau kesalahan paritas memori
D. CONTOH
EKSEKUSI PROGRAM DALAM CPU
Tahap eksekusi program :
Tahap 1
PC (Program Counter)
berisi alamat 300 untuk instruksi pertama. Instruksi yang berada di alamat 300
dimuatkan ke IR (Instruction Register).Tentunya proses ini melibatkan
penggunaan MAR (Memory Address Register) dan MBR (Memory Buffer Register)
Tahap 2
Instruksi dalam IR : untuk
4 bit pertama menunjukkan opcode, bit berikutnya yaitu 12 bit menunjukkan
alamat. Jadi instruksi 1940 maksudnya 1 = opcode 0001 = isi AC dari memori
alamat 940
Tahap 3
PC bertambah nilainya dan
instruksi berikutnya diambil yaitu di alamat 301 dan dimasukkan di dalam IR.
Tahap 4
Instruksi dalam IR yaitu
5941 maksudnya 5 = opcode 0101 = tambahkan AC dengan isi memori alamat 941 dan
hasilnya disimpan dalam AC.
Tahap 5
PC bertambah nilainya dan
instruksi berikutnya diambil yaitu di alamat 302 dan dimasukkan di dalam IR.
Tahap 6
Instruksi dalam IR yaitu
2941 maksudnya 2 = opcode 0010 = isi AC disimpan di memori alamat 941.
E.
PERKEMBANGAN
DESAIN PROSESOR
Tanenbaum mengemukakan
adanya prinsip-prinsip penting dalam melakukan desain prosesor komputer modern yaitu
prinsip RISC (Reduced Instruction Set Computer), yaitu :
1. Memaksimalkan kecepatan
dimana instruksi-instruksi dikeluarkan
Prinsip ini menekankan
pengembangan jumlah instruksi yang dapat diproses per detik pada sebuah
prosesor, yaitu MIPS (Million of Instruction per Second), mengakibatkan muncul
teknologi paralelisme prosesor yang akan dapat meningkatkan kinerja komputer
2. Memperbanyak instruksi
yang secara langsung dapat dijalankan hardware untuk mempercepat kinerja
3. Instruksi-instruksi
harus mudah untuk di-dekode-kan
Batas kritis pada tingkat
kecepatan adalah dekode dari setiap instruksi. Semakin sedikit format instruksi
maka akan semakin baik kinerja dan kecepatan sebuah eksekusi instruksi.
4. Hanya instruksi LOAD
dan STORE yang diakses ke memori dan berusaha memperkecil instruksi yang
langsung diakses dari memori utama.
5.
Menyiapkan banyak register, sekarang rata-rata CPU memiliki 32 register.
F.
KONSEP MULTI PROSESOR
Merupakan
pengembangan sistem komputer dimana sebuah sistem komputer memiliki beberapa
prosesor (CPU) dengan sebuah memori bersama (shared memory). Konsep ini dapat
digambarkan seperti sekelompok orang dalam satu ruangan kelas yang memiliki
sebuah papan tulis yang digunakan bersama. Orang = prosesor, papan tulis =
memori. Dengan konsep ini pekerjaan yang dilakukan oleh banyak orang akan lebih
cepat selesai daripada 1 orang tetapi kendalanya hanya menggunakan papan tulis
bersama yang memuat setiap orang harus berhati-hati agar tidak berebut jalur.
Jadi
antar CPU harus saling koordinasi agar tidak berebut jalur. Konflik mungkin
akan sering terjadi ketika bertabrakan dalam akses terhadap memori dengan BUS
yang sama. Tetapi model ini memiliki keunggulan model pemrograman lebih mudah
ditangani oleh programmer
G.
KONSEP
MULTI KOMPUTER
Adalah sistem yang terdiri
dari banyak komputer dan masing-masing komputer memiliki memori
sendiri-sendiri. Keunggulannya terletak pada kemudahan implementasinya tapi
dalam model pemrograman terhadap banyak memori lebih sulit ditangani
programmer.
5. MEMORI
A. Hirarki
Memori
Memori adalah bagian dari komputer tempat berbagai
program dan data-data disimpan.
Memori utama adalah tempat penyimpanan sementara dimana
dibutuhkan oleh prosesor yang akan mengoperasikan program atau data tertentu.
Memori dalam komputer dapat dibedakan sebagai berikut :
- Register
- Cache memory (Static RAM) : internal cache dan external
cache
- Memori utama (Dynamic RAM)
- Memori sekunder : magnetic disk, optical disk, magnetic
tape
Memori yang memiliki hirarki paling atas memiliki
kecepatan paling tinggi tetapi kapasitas penyimpanan data paling rendah.
6. MEMORI
UTAMA
JENIS
MEMORI UTAMA
Memori
bisa dikategorikan menjadi 2 :
-
memori internal adalah memori yang dapat diakses langsung oleh prosesor, yaitu
:register yang terdapat di dalam prosesor, cache memori dan memori utama yang
berada di luar prosesor.
-
memori eksternal adalah memori yang diakses prosesor melalui piranti I/O, yaitu
disket dan hardisk, optical disk, magnetic tape
Untuk memori utama pada dasarnya dikategorikan menjadi 2,
yaitu : ROM dan RAM
ROM (Read Only Memory)
ROM biasa
digunakan oleh komputer untuk menyimpan data utama selamanya, artinya data yang
telah tersimpan dalam ROM tidak akan terhapus apabila komputer dimatikan
(bersifat non volatile). ROM diisi oleh pabrik pembuatnya berupa
program-program pokok yang diperlukan sistem komputer misal program bootstrap.
Isi dari ROM tidak boleh hilang atau rusak karena bisa
menyebabkan komputer tidak berfungsi, sehingga untuk pencegahannya ROM
dirancang hanya bisa dibaca. Namun pada kasus lain memungkinkan untuk merubah
isi ROM, dengan cara memprogram kembali instruksi-instruksi didalamnya.
RAM, (Random Access Memory)
Memory berfungsi
sebagai tempat penyimpanan data sementara. Memory bekerja dengan menyimpan
& menyuplai data-data penting yg dibutuhkan Processor dengan cepat untuk
diolah menjadi informasi. Karena itulah, fungsi kapasitas merupakan hal
terpenting pada memory. Dimana semakin besar kapasitasnya, maka semakin banyak
data yang dapat disimpan dan disuplai, yang akhirnya membuat Processor bekerja
lebih cepat. Suplai
data ke RAM berasal dari Hard Disk, suatu peralatan yang dapat menyimpan data
secara permanen.
Source: https://littleradita.files.wordpress.com/2010/04/arkom-ii-3ro.doc
Tidak ada komentar:
Posting Komentar